Sejuknya Pulau Angso Duo di Pariaman, Sumatera Barat | Liputan 24 Sumatera Barat
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Sejuknya Pulau Angso Duo di Pariaman, Sumatera Barat

Posted by On 5:10 PM

Sejuknya Pulau Angso Duo di Pariaman, Sumatera Barat

detikTravel d'Travelers Stories Detail Artikel Senin, 22 Okt 2018 18:05 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sejuknya Pulau Angso Duo di Pariaman, Sumatera Barat

Ekaherlina
Ekaherlina d'travelers Foto 1 dari 5 Hamparan pasir putih nan lembut siap menyambut tatkala kaki mulai menginjak pulau Angso Duo, Pariaman, Sumatera Barat. Hamparan pasir putih nan lembut siap menyambut tatkala kaki mulai menginjak pulau Angso Duo, Pariaman, Sumatera Barat.
  • Hamparan pasir putih nan lembut siap menyambut tatkala kaki mulai menginjak pulau Angso Duo, Pariaman, Sumatera Barat.
  • Berenang di air laut nan jernih salah satu aktivitas yang meny   enangkan di pulau Angso Duo, Pariaman, Sumatera Barat
  • Jalur pejalan kaki yang tersedia di pulau Angso Duo yang mengelilingi pulau agar pengunjung tidak tersesat saat menelusuri pulau.
  • Yang menyenangkan dari pulau Angso Duo, Pariaman, Sumatera Barat ini adalah kebersihan yang terjaga dengan baik.
  • Salah satu pondok makanan yang tersedia di pulau Angso Duo, pariaman, Sumatera Barat. Untuk kawasan wisata, harga makanannya terbilang cukup ramah di kantong. Untuk kelapa utuh di banderol IDR 12.000,- / buah
detikTravel Community - Berwisata ke Pariaman, Sumatera Barat, ada pantai di pulau yang sejuk. Inilah Pulau Angso Duo.

Barangkali pulau Angso Duo boleh disebut sebagai primadona yang tak perlu dipoles lagi. Meskipun tidak sepopuler kawasan Mandeh (Raja Ampatnya Sumatera Barat), namun pulau yang terletak di seberang Pantai Gandoriah di pesisir Pariaman, Sumatera Barat ini menawarkan ketenangan yang dibutuhkan kala bersantai. Hamparan pasir putih dan pepohonan rindang yang menghiasi pulau serta suara debur ombak kecil nan tenang adalah harmonisasi alam yang menyenangkan dimiliki oleh pulau tersebut.

Adalah seorang kakak yang meracuni saya untuk melakukan perjalanan ke pulau Angso Duo sekedar melepas kejenuhan aktivitas perkotaan. Menempuh perjalanan kurang lebih satu jam setengah dari kota Padang dengan melewati ragam pesisir pantai seperti Pantai Cermin, Pantai Kata, dan berakhir di Pantai Gandori ah, Pariaman. Saya sempat mengeluh pada panasnya pantai Gandoriah dan pemandangan pesisir pantai yang ditemui sampah yang berserakan.

Keluhan pun belum jua usai, kala beberapa orang di pantai Gandoriah meneriakan kata, " Pulau, pulau, pulau !" kemudian mengiringi langkah menuju dermaga tempat beberapa kapal berlabuh. Kami membayar Rp 40.000,-/per orang untuk bisa memasuki kapal kecil. Ternyata keluhan kembali terukir dihati saya kala kapasitas kapal masih juga di isi penumpang padahal beberapa tempat duduk sudah terisi penuh. Saya pun memaksa awak kapal segera beranjak pergi.

Menerjang ombak nan tenang serta laut biru yang menyegarkan, kurang lebih lima belas menit perjalanan sebuah landmark Angso Duo yang berupa tulisan nama bewarna merah terbentang menyambut kedatangan kami. Kebersihan pantai di pulau tersebut membuat keluhan-keluhan saya menguap secara tiba - tiba. Tersisa adalah rasa yang menyenangkan penuh gembira menikmati perpaduan suara nyiur pohon kela pa dan debur pantai.

Memiliki luas 5.13 ha dengan 1.25 ha hamparan pasir pantai putih selembut tepung saya memilih berjalan santai mengelilingi pulau. Meskipun matahari terik bersinar, namun kesejukan menjalar di tubuh mungil saya dengan keberadaan pepohonan rindang nan lebat. Tak perlu takut tersesat, ada jalur pejalan kaki yang tersedia dengan rapi dan terstruktur dengan baik.

Saya tak merasa kelelahan usai berkeliling, energi saya masih terkondisi baik, kali ini ada tawaran untuk wisata alam bawah laut dengan snorkeling dari salah satu penduduk yang membuka usaha tour di pulau Angso Duo. Karena keterbatasan waktu, saya terpaksa mengurungkan niat. Padahal dari foto - foto yang terpajang di pondok kecil yang menawarkan paket tour tersebut, keindahan terumbu karang mengoda saya untuk melihatnya secara langsung.

Geliat pariwisata di pulau ini cukup diacungkan jempol, selain pondok kecil yang menawarkan paket tour, ada ragam pondok penduduk yang tertata rapi dengan k ursi santai yang menawarkan ragam kuliner. Kesegaran kelapa muda dan hidangan laut serta yang mengiurkan adalah mie instan yang dimasak khas orang Minangkabau tanpa mengikuti aturan di kemasan mie instan tersebut. Menyegarkan !

Selain tersedia kebutuhan untuk mengenyangkan perut dan menyegarkan dahaga, juga tersedia fasilitas seperti Mushola, tempat bilas usai berenang di air laut dan bermandian pasir pantai, serta tempat mandi. Kamu pun dapat bersantai dengan baik tanpa memikirkan dimana mandi usai bermandian air laut, pun persoalan ibadah.

Jika merasa belum puas, pulau Angso Duo juga bisa digunakan untuk menginap dan berkemah. Tentunya dengan perizinan ke warga yang menghuni tempat tersebut.

ÃÆ'‚ÂÂ Santai yang menyenangkan

Saya memilih bermain ayunan yang tersedia di pantai tersebut, memejamkan mata. Menikmati suara debur ombak dan sejuknya angin pantai serta pelindungan dari rindangnya pepohonan. Ini kegiatan bersantai yang men yenangkan tentunya bagi saya.

Terlahir di Pariaman, memori masa kecil saya tentang pulau Angso Duo tak lebih dari sebuah pulau kecil di tengah laut yang tak ada kehidupan. Namun, kala angin sepoi - sepoi menyapa saya ditengah kegiatan bersantai di ayunan, saya menyadari alasan kenapa dulunya para nelayan kerap menjadikan tempat ini sebagai peristirahatan ditengah aktivitas mencari ikan jauh sebelum tempat ini dibuka menjadi kawasan wisata.

Saya melepas pandangan ke pesisir pantai, kegembiraan anak kecil dan orang dewasa yang sekedar duduk di atas pasir tergambar jelas di wajah mereka. Saya lupa pada keluhan-keluhan yang sempat menghiasi hati ini ketika dalam perjalanan awal menuju pulau Angso Duo. Lenyap seketika dengan pesona keindahan pulau tersebut.

Pulau Angso Duo boleh jadi Primadona yang menawarkan kebahagiaan yang disebut 'bahagia itu sederhana', bersyukur pada keindahan alam yang menakjubkan. Barangkali saya lupa pada keluhan - keluhan kehidupan, namun diam-diam saya mengukir asa . Sedikit saja dipoles dalam hal tata kelola mulai urusan tiket, petugas berpakaian resmi dan hingga aturan penumpang kapal, Angso Duo menjelma sebagai tujuan utama wisatawan kala menjejaki kaki di Sumatera Barat. Pulau Angso Dua boleh jadi suatu berubah sebagai permata yang digemari banyak orang di antara pulau - pulau di pesisir pantai Sumatera Barat.

BERITA TERKAIT
  • Sejuknya Pulau Angso Duo di Pariaman, Sumatera Barat
  • Mengenang Serunya Festival di Tanah Lot
  • Pantai di Bali Bisa Bikin Hati Tenang
  • Melihat Budidaya Rumput Laut di Sumbawa Barat
  • Di Dekat Pusat Kota Luwuk, Ada Pantai Seindah Ini
  • Ini Nih Jogging Track Pinggir Pantai di Bengkulu
BACA JUGA HaiBunda
6 Tips Aman Memandikan Balita
6 Tips Aman Memandikan Balita
detikHot
Titi Qardasih Meninggal Dunia, Delon-Putri Juby Ramai Dibicarakan
Titi Qardasih Meninggal Dunia, Delon-Putri Juby Ramai Dibicarakan
detikHealth
Lagi Nggak Sempat Olahraga? Begini Mengatur Diet Biar Badan Nggak Melar
Lagi Nggak Sempat Olahraga? Begini Mengatur Diet Biar Ba dan Nggak Melar
detikNews
Jokowi Bicara Soal Khashoggi dengan Menlu Saudi
Jokowi Bicara Soal Khashoggi dengan Menlu Saudi
detikFinance
Tips Mengatur Duit untuk Anak SMA (2)
Tips Mengatur Duit untuk Anak SMA (2)
Sepakbola
Oezil Bikin Arsenal Berbahaya
Oezil Bikin Arsenal Berbahaya
Wolipop
10 Fakta Menarik Tentang Cleopatra, Wanita Paling Berkuasa dalam Sejarah
10 Fakta Menarik Tentang Cleopatra, Wanita Palin g Berkuasa dalam Sejarah
detikNews
Diusulkan Wali Kota - Dicurigai Oposisi
Diusulkan Wali Kota - Dicurigai Oposisi
NEWS FEED detikTravel
Ini Saingan Raja Ampat dari Filipina
Wisata Pantai

Ini Saingan Raja Ampat dari Filipina

Senin, 22 Okt 2018 23:24 WIB

Coron di Palawan mungkin terdengar asing bagi travel er Indonesia. Tapi, inilah saingannya Raja Ampat dari Filipina.

FotoTravel
Foto: Liburannya Model Filipina Kelsey Merritt

Foto: Liburannya Model Filipina Kelsey Merritt

Minggu, 21 Okt 2018 22:15 WIB

Kelsey Merritt adalah model berdarah Filipina dan AS. Disela-sela kesibukannya, ia juga gemar jalan-jalan ke berbagai negara lho. Seru banget!

Travel News
Legalkan Ganja, Bandara Vancouver Punya Area Rokok Khusus

Legalkan Ganja, Bandara Vancouver Punya Area Rokok Khusus

Senin, 22 Okt 2018 23:10 WIB < p>Kanada telah resmi untuk melegalkan jual beli ganja. Supaya tetap teratur, pihak Bandara Vancouver punya area khusus untuk hisap ganja.

Travel News
Pesawat Turbulensi Parah, Penumpangnya Sampai Berdarah-darah

Pesawat Turbulensi Parah, Penumpangnya Sampai Berdarah-darah

Senin, 22 Okt 2018 22:50 WIB

Turbulensi pesawat memang terkadang membuat khawatir. Seperti yang satu ini, bahkan sampai merusak kabin pesawat.

detikTravel inside
Capek Kerja, Ayo Sini detikcom Bayarin Outing Sekantor!

Cape k Kerja, Ayo Sini detikcom Bayarin Outing Sekantor!

Senin, 15 Okt 2018 14:57 WIB

Rutinitas kerja memang melelahkan. Paling enak memang liburan sejenak, bareng teman-teman kantor. Impian itu bisa menjadi kenyataan.

detikTravel
Keindahan Pulau Padar yang Tak Akan Pernah Pudar
Wisata Pantai

Keindahan Pulau Padar yang Tak Akan Pernah Pudar

Senin, 22 Okt 2018 22:39 WIB

Pulau Padar adalah primadona di Taman Nasional Komodo. Untuk menikmati keindahannya, traveler harus mendaki sampai ke puncak.

Domestic Destination
Pantai yang Cocok Buat Foto Prewedding di Dompu

Pantai yang Cocok Buat Foto Prewedding di Dompu

Senin, 22 Okt 2018 22:30 WIB

Tak hanya savana, Dompu terkenal pula dengan keindahan pantainya. Pantai Wadu Jao misalnya, begitu menawan dan menarik buat spot foto prewedding.

detikTravel
Pantai dan Pulau Indah di Serang, Banten
Wisata Pantai

Pantai dan Pulau Indah di Serang, Banten

Senin, 22 Okt 2018 22:19 WIB

Ada pulau indah di Serang, Banten, tak jauh dari ibukota Jakarta. Pulau ini bernama Pulau Lima dengan pantai pasir putih dan warna laut biru yang menggoda.

FotoTravel
Fo   to: Danau Ranu Pani yang Kini Bersih

Foto: Danau Ranu Pani yang Kini Bersih

Senin, 22 Okt 2018 22:10 WIB

Pada 6 Agustus 2017 silam, bagian Ranu pani yang berada di ujung timur desa dipenuhi tumbuhan salvinia. Namun kini tela dibersihkan dan terlihat menyegarkan.

Travel News
Bicara Revitalisasi Kalimalang, Ini Masukan Para Pakar

Bicara Revitalisasi Kalimalang, Ini Masukan Para Pakar

Senin, 22 Okt 2018 21:45 WIB

Proses revitalisasi Kalimalang di Bekasi makin menemukan bentuknya. Terkait paparan dan study lebih lanjut, para pakar pun ikut memberi masukan.

Sumber: Berita Sumatera Barat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »